Banyak sebagian pengusaha ternak yang hanya mengetahui cara beternak ayam potong saja tanpa mengetahui macam-macam dari jenis ayam potong yang bisa dijadikan hewan ternak yang menguntungkan bagi hidup Anda. Bahkan, Anda juga mungkin tidak mengetahui jika ayam potong memiliki jenis yang beragam. Berikut beberapa jenis ayam potong yang bisa dijadikan hewan ternak bagi usaha ternak ayam potong yang ingin Anda jalankan.

1. Ayam Broiler

Ayam ini merupakan ayam yang paling banyak dikonsumsi. Ayam ini memiliki penampakan morfologi bulu yang berwarna putih dan tebal, perkembangannya cepat dan ayam ini memiliki tulang yang lunak, sehingga ayam ini biasa dijadikan menu tulang ayam lunak di berbagai restoran. Keuntungannya adalah waktu panen ayam ini sangatlah cepat yaitu 5 hingga 7 minggu.

2. Ayam Buras

Ayam buras merupakan ayam yang terdiri dari dua suku kata yaitu bukan dan ras. Ayam ini memiliki genetik yang unggul, sehingga bisa menghasilkan daging yang banyak dan tulangnya rapat dan kuat. Cara beternak ayam potong jenis ini membutuhkan waktu panen yang lebih lama dari ayam broiler, yaitu 6 hingga 8 minggu.

3. Ayam Ras Afkir

Ayam ras afkir merupakan jenis ayam petelur. Jika Anda ingin usaha ternak ayam potong, sepertinya ternak ayam potong jenis ini kurang cocok dilakukan karena daging yang dihasilkan banyak mengandung lemak. Selain itu waktu panen yang dibutuhkan sangatlah lama yaitu sekitar 18-20 bulan.

4. Ayam Jabro

Ayam ini berasal dari persilangan ayam broiler dan ras petelur. Jadi daging yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang lebih bagus jika dibandingkan dengan ayam broiler. Ayam ini bisa dipanen pada umur 2 hingga 4 bulan.

Demikianlah beberapa referensi jenis ayam potong yang bisa Anda jadikan acuan pada poin cara beternak ayam potong. Pilihlah jenis ayam potong yang memiliki banyak keuntungan dan kemudahan dalam proses usaha Anda. Bagaimana? Sudah tahu ingin pilih ayam potong yang cocok dengan keinginan Anda? Selamat berusaha semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *