post

Mikroskop merupakan alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam melihat suatu benda berukuran kecil yang tidak dapat dilihat secara langsung dengan mata telanjang. Mikroskop umumnya digunakan di laboratorium penelitian untuk mengamati suatu objek atau makhluk hidup berukuran kecil.

Di pasaran pun sudah banyak dijual berbagai bentuk dan merek mikroskop, diantaranya ada yang jual mikroskop olympus, nikon dan merek-merek lainnya. Untuk anda yang ingin mempunyai mikroskop sendiri terlebih dahulu harus benar-benar memahami jenis-jenis mikroskop apa saja yang ada saat ini, supaya tidak salah pilih dalam menentukan jenis mikroskop apa yang kita butuhkan.

Berdasarkan sumber cahayanya, mikroskop dibagi menjadi 2 jenis yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.

MIKROSKOP CAHAYA

Dinamakan mikroskop cahaya karena alat ini memanfaatkan cahaya untuk menghasilkan dan mengirimkan gambar menuju mata kita. Mikroskop cahaya juga disebut dengan miroskop optik. Menurut cara pengamatannya mikroskop cahaya dibedakan lagi menjadi dua yaitu monokuler dan binokuler.

Mikroskop Monokuler

Sesuai dengan namanya mikroskop monokuler hanya mempunyai satu lensa saja, karena biasanya mikroskop jenis ini digunakan untuk fokus mengamati satu sel secara mendetail. Pencahayaan pada mikroskop monokuler berasal dari cahaya lampu atau matahari. Mikroskop jenis ini biasanya digunakan oleh para pelajar sekolah dalam melakukan sebuah penelitian.

Mikroskop Binokuler

mengenal jenis mikroskop

Mikroskop binokuler menggunakan 2 lensa okuer yang terpisah, dimana hal ini dapat menghasilkan sudut pandang yang lebih baik saat melakukan pengamatan dengan dua mata. Mikroskop ini juga disebut dengan mikroskop stereo karena mampu untuk melihat suatu objek secara lebih realistis dalam bentuk 3 dimensi.

MIKROSKOP ELEKTRON

Mikroskop electron memiliki resolusi yang lebih tinggi dibandingkan mikroskop cahaya, dimana ia mampu melakukan pembesaran sampai 100.000 kali lipat. Untuk mengirim gambar ke mata kita mikroskop ini tidak menggunakan cahaya sebagai media melainkan dengan elektron. Mikroskop elektron dibagi menjadi dua jenis yaitu Scanning Electron Microscopy (SEM) dan Transmission Electron Microscopy (TEM).

Scanning Electron Microscopy (SEM)

Prinsip kerja dari mikroskop ini adalah dengan menghasilkan sinar electron melalui sebuah pistol elektron dan dipercepat menggunakan anoda. Kemudian lensa magnetik akan memfokuskan elektron ke objek yang diamati dimana hal ini akan membuat objek mengeluarkan elektron baru yang akan dikirimkan ke monitor oleh detektor.

Transmission Electron Microscopy (TEM)

Inilah mikroskop yang sangat penting di dalam dunia riset karena bisa mengetahui struktur material dari objek yang diamati, dimana hal ini tidak bisa dilakukan dengan menggunakan mikroskop biasa.

Walaupun bentuk dan model mikroskop beraneka ragam namun secara garis besar itulah jenis-jenis mikroskop yang ada sampai saat ini. Jadi sekarang sudah ada gambaran bukan jenis mikroskop apa yang anda butuhkan? Untuk pilihan merek anda bisa mempertimbangkan antara olympus atau nikon, terkait detail spesifikasi lengkapnya bisa anda tanyakan langsung di toko alat kesehatan atau website yang jual mikroskop olympus maupun nikon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *