Ciri-ciri Ikan Guppy Hamil yaitu terlihat adanya bercak gelap (gravid spot) pada bagian perut dekat dengan anus. Bercaj tersebut akan semakin gelap seiring dengan bertambahnya masa kehamilan dan waktu kelahiran benih ikan guppy. Ikan guppy (Poecilia Reticulata) merupakan ikan hias yang tergolong mudah dikembangbiakkan. Habitat aslinya berada di sungai dan danau yang airnya tenang. Tetapi ikan guppy juga mampu hidup di air payau yang kadar garamnya tergolong tinggi. Ikan guppy dimanfaatkan sebagai ikan hias aquarium karena keindahan warna dan bentuk siripnya.

Untuk melakukan budidaya ikan guppy, pertama yang harus dilakukan yaitu memilih indukan guppy betina yang berumur 3-4 bulan yang telah siap untuk dipijahkan. Sedangkan untuk indukan jantan, pilih yang berkualitas unggul dengan ciri sehat dan memiliki warna dan bentuk yang indah. Bentuk dan warna ikan guppy sangat dipengaruhi oleh faktor genetis. Karena itu untuk memperoleh anakan ikan guppy yang bagus harus dipilih indukan berkualitas unggul.

Untuk tempat pemijahan bisa siapkan Kolam Semen/Terpal, Aquarium atau bisa dengan Ember dengan Masing – masing ukuran minimal 30x30cm

Kemudian agar Guppy cepat hamil dan beranak yaitu bisa dengan pemijahan 2 betina 1 jantan supaya kualitas baik atau juga dengan cara perkawinan massal 10 betina 5 jantan atau lebih. Pisahkan Indukan yang akan dikawinkan ke kolam khusus pemijahan. Biarkan perkawinan/pemijahan berlangsung selama 1-2 minggu.

Ciri – Ciri Ikan Guppy Hamil

Dapat dilihat setalah 2 minggu proses pemijahan/perkawinan. Setelah 14 hari proses pemijahan, jika terlihat indukan betina Guppy perutnya membuncit dan terdapat bercak hitam di sekitar perutnya yang menandakan proses pemijahan berhasil. Segera pisahkan indukan hamil ke kolam perawatan indukan hamil, supaya tidak diganggu induk jantan.

Berapa lama ikan guppy hamil ?

Setelah dilakukan proses pemijahan ikan guppy, umumnya periode kehamilan Guppy selama 25-30 hari. Satu indukan Guppy dapat melahirkan sebanyak 20-50 ekor anakan/burayak ikan guppy.

Perawatan anakan Ikan guppy

 

Sebelum indukan Guppy melahirkan sebaiknya letakan tanaman air yang banyak untuk sembunyi anakan Guppy karena indukan Guppy bersifat kanibal pada anakan yang baru lahir.

Setelah Indukan Guppy melahirkan burayak sebanyak 20-50 ekor anakan, segera pisahkan indukan ke kolam pemulihan indukan setelah melahirkan untuk dipijahkan kembali 2 minggu setelahnya.

Burayak Guppy yang baru lahir jangan langsung diberi pakan, biarkan 3-5 hari setelahnya kemudian beri makanan artemia/ infusoria.

Anakan ikan guppy yang telah berumur 20 hari sudah bisa dipilah yang mana jantan dan betina. Hanya ikan guppy jantan yang laku sebagai ikan hias. Sedangkan ikan guppy betina hanya digunakan sebagai indukan dan sisanya dibuang. Ikan guppy dewasa adalah yang telah berumur 1 bulan dan siap dijual.

Ada beberapa Tips Budidaya Ikan Guppy yang sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin melakukan budidaya Ikan Guppy. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *