Kelapa sawit merupakan tanaman komoditas ekspor dengan banyaknya manfaat bagi kehidupan manusia. Jika dilihat dari jenisnya, kelapa sawit termasuk dalam tanaman berjenis tanaman keras. Walaupun berjenis tanaman keras, pohon kelapa sawit juga membutuhkan berbagai jenis perawatan yang harus dilakukan. Cara pemupukan kelapa sawit menjadi hal yang penting untuk diperhatikan terutama bagi pemilik usaha perkebunan kelapa sawit. Untuk memupuk kelapa sawit tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dilakukan secara teratur. Waktu dalam memupuk kelapa sawit juga harus diperhatikan. Sebaiknya dilakukan ketika curah hujan kecil dan hindari pemupukan pada saat musim hujan sedang berlangsung. Pupuk yang bagus adalah pupuk yang dapat membuat tanah menjadi tidak asam serta dapat merangsang adanya pengakaran.

cara pemupukan sawit

Sawit

Berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui mengenai cara pemupukan kelapa sawit:

  • Pemupukan sebaiknya dilakukan kurang lebih dua sampai tiga kali dalam satu tahun, hal ini juga bergantung pada kondisi tanah serta lahan yang Anda miliki
  • Untuk tanah berpasir serta lahan gambut sebaiknya dilakukan pemupukan yang lebih sering dan dalam volume yang lebih banyak
  • Memilih pupuk yang berkualitas baik

Pemupukan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tidak semua petani menerapkan prosedur pemupukan yang konsisten. Hal ini tergantung pada bagaimana kondisi tanah serta kondisi tanaman. Terkadang petani juga mengalami gagal panen kelapa sawit. Misalnya hasil panen terus menerus mengalami penurunan. Padahal, pohon kelapa sawit berbuah kurang lebih dua minggu sekali.

Pemupukan sebaiknya dilakukan dengan metode sistem tebar atau juga benam. Keduanya bergantung pada kondisi kebun yang Anda miliki. Cara pemupukan kelapa sawit dengan sistem tebar sebaiknya berjarak kurang lebih 0,5 meter. Jarak ini berbeda jika pohonnya sudah tua. Untuk pohon yang sudah tua jaraknya kurang lebih 1-2,4 meter. Selain memberikan pupuk, hal penting lain yang harus para petani lakukan adalah perawatan. Perawatan yang paling umum yakni dengan membersihkan lingkungan sekitar pohon sawit dari rumput liar atau gulma serta perawatan dodos tandan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *